Senin, 02 Januari 2017

BESARAN BIAYA JASA ADVOKAT PENGACARA SAAT INI


Entah karena sedang menghadapi masalah hukum atau karena sedang membutuhkan penasihat hukum untuk perusahaan atau keluarga, jasa advokat atau pengacara (lawyer) memang selalu menjadi pilihan utama dan pertama yang biasa digunakan oleh kebanyakan orang di negeri ini. Pilihan tersebut selain merupakan pilihan yang tepat tetapi juga merupakan pilihan yang legal dan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
Nah, bagi agan sista yang sedang membutuhkan jasa pengacara atau advokat, ada baiknya agan sista perhatikan juga tarif jasa pengacara yang akan agan sista gunakan. Jangan sampai agan sista merasa malu karena uang yang agan sista punya ternyata tidak cukup atau agan sista merasa tertipu karena ternyata uang yang agan sista berikan tidak sebanding dengan jasa yang diberikan oleh pengacara tersebut.
Untuk tarif atau biaya jasa advokat (pengacara) sendiri sebenarnya sangat beragam, setiap pengacara berhak menentukan tarifnya sendiri-sendiri. Oleh karena hal inilah, terkadang ada pengacara yang menerapkan tarif yang sangat mahal, biasa saja bahkan murah, tergantung dari pengacara yang bersangkutan serta faktor-faktor pendukung lainnya seperti kota tempat tinggal pengacara, jasa yang diberikan, jam terbang pengacara serta kondisi keuangan agan sista.

logo peradi, perhimpunan advokat indonesia, organisasi advokat, organisasi pengacara
Berikut ini saya jelaskan faktor-faktor penyebab tinggi rendahnya biaya jasa advokat atau pengacara :
  • Nama Pengacara
    Siapa yang tidak kenal pengacara senior Hotman Paris Hutapea, seorang pengacara kondang yang namanya sudah sering terdengar di berbagai media, baik media sosial, media cetak maupun elektronik.
    Pengacara dengan nama terkenal seperti hotman paris, elza syarif, hotma sitompul, Juniver Girsang dan lain-lain yang merupakan pengacara-pengacara kondang ini tentu akan menerapkan tarif yang berbeda dengan tarif pengacara lain yang tidak setenar mereka.
  • Wilayah atau kota tempat tinggal pengacara
    Jangan salah loh, wilayah atau kota tempat tinggal juga sangat mempengaruhi besaran tarif atau biaya jasa pengacara. Mungkin agan sista pernah mendengar atau membandingkan sendiri tarif yang diberikan pengacara di kota A mahal, sedangkan tarif pengacara di kota B murah, padahal keduanya sama-sama mengurus kasus yang sama.
    Perbedaan tarif ini memang wajar, karena biasanya pengacara juga menyesauikan dengan keadaan. Lebih mudahnya coba agan sista bandingkan harga sewa rumah di Jakarta dengan harga sewa rumah di kota Tasikmlaya, meskipun kedua rumah tersebut memiliki fasilitas yang sama, tapi harga rumah di Tasikmalaya tentu akan lebih murah jika dibandingkan dengan harga rumah di Jakarta.
  • Jenis Perkara
    Jenis perkara yang ditangani oleh pengacara juga menjadi faktor yang menentukan tinggi rendahnya biaya jasa advokat (pengacara). Hal ini memang wajar mengingat beda perkara, maka akan beda juga penanganan atau solusi untuk perkara tersebut.
    Misalnya antara perkara permohonan izin nikah dibawah umur atau yang biasa disebut dengan permohonan dispensasi kawin dengan perkara sengketa lahan, tentu saja perkara permohonan dispensasi kawin biayanya akan lebih rendah daripada mengurus perkara sengketa lahan.
  • Kondisi Client
    Percaya atau tidak, hampir semua pengacara menentukan tarif setelah mengetahui kondisi keuangan calon client mereka. Beberapa pengacara bahkan memberikan layanan bantuan hukum gratis bagi client yang benar-benar tidak mampu.
    Faktor ini berhubungan erat dengan hati nuarani seorang pengacara. Tentu akan tidak elok jadinya, jika client yang tidak mampu tersebut harus berhutang kesana kemari, hanya untuk membayar jasa pengacara karena tersandung masalah hukum.
    Meskipun beberapa pengacara memberikan layanan secara cuma-cuma bagi client yang tidak mampu, tapi jangan sekali-kali agan sista berbohong, mengaku tidak mampu padahal orang yang mampu. Bisa-bisa nanti agan sista malah dituntut melakukan tindak pidana penipuan. ih ngeri.
  • Jam Terbang Pengacara
    Meskipun tidak selalu berpengaruh, tapi biasanya faktor jam terbang ikut mempengaruhi besaran biaya jasa advokat atau pengacara. Pengacara baru yang baru kemaren sore mungkin akan mengenakan tarif lebih rendah daripada pengacara senior yang sudah berpengalaman.
    Hal ini memang wajar, mengingat pengacara baru tersebut selain belum banyak dikenal orang juga kualitasnya masih dipertanyakan, sehingga pengacara baru tersebut mencoba melakukan promosi dengan menekan harga lebih rendah daripada pengacara yang sudah senior.
Demikianlah beberapa faktor yang mempengaruhi besar kecilnya jasa advokat atau pengacara. Saat ini biaya jasa advokat atau pengacara di Ciamis, Banjar dan Tasikmalaya dikisaran 3-5 juta rupiah untuk pengurusan perkara-perkara ringan seperti dispensasi kawin, cerai gugat, cerai talak dan perkara-perkara ringan lainnya yang ditangani oleh pengacara yang biasa saja.
Jika agan sista menyewa jasa pengacara yang terkenal, kemungkinan harganya akan lebih mahal lagi. Apalagi jika sampai diurus oleh pengacara nasional sekelas hotman paris, elza syarif dan sebagainya. Siapkan saja uang dari puluhan sampai ratusan juta rupiah. (http://www.aseparif.com/ini-dia-besaran-biaya-jasa-advokat-pengacara-saat-ini/)

1 komentar:

  1. Namun kembali lagi sebagai seorang yang bergelut di bidang Jasa Pengacara, menentukan tarif merupakan bagian tersulit, namun yang perlu diutamakan adalah hak-hak client yang harus tetap dilindungi dengan sebaik-baiknya, terutama jika posisi client adalah sebagai korban.

    BalasHapus