Kamis, 25 Februari 2016

Hakim MA Hukum Dua Guru JIS 11 Tahun Penjara


Hakim MA Hukum Dua Guru JIS 11 Tahun Penjara Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menggelar sidang pembacaan putusan atau vonis terhadap dua guru Jakarta International School (JIS) yakni Neil Bentleman (kanan) dan Ferdinant Tjiong, Kamis, 2 April 2015. Keduanya merupakan terdakwa kasus dugaan kekerasan seksual terhadap siswa taman kanak-kanak di JIS. (CNN Indonesia/Safir Makki)
 
  Majelis hakim Mahkamah Agung yang diketuai Artidjo Alkotsar menghukum dua guru Jakarta International School (JIS) yakni
Neil Bantleman dan Ferdinand Tjiong dengan hukuman 11 tahun. MA menghukum lebih tinggi satu tahun dari hukuman di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang menghukum keduanya dalam perkara pencabulan anak selama 10 tahun penjara.

“Kami mengabulkan gugatan kasasi yang diajukan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta,” kata juru bicara MA, Suhadi kepada CNNIndonesia.com, Jakarta, Kamis (25/2/2016). Selain Artidjo, Suhadi adalah salah satu tim hakim yang mengambil keputusan kasasi ini.
Pengadilan Tinggi membebaskan Neil dan Ferdinand pada Augustus 2015. Atas putusan ini, Kejaksaan Tinggi mengajukan kasasi.

Menurut Suhadi, pertimbangan hakim mengabulkan kasasi kejaksaan karena menilai pembuktian hakim Pengadilan Negeri sudah tepat. “Kami menelisik masalah pertimbangan hukum di Pengadilan Tinggi,” kata Suhadi.

Menurut Suhadi, hakim kasasi menganggap kesaksian anak bisa menjadi sebagai bukti.

“Kami menambahkan hukuman lebih berat satu tahun karena berdasarkan filosofi perlindungan anak,” katanya.
(CNN Indonesia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar